Minggu, 08 Juni 2014

LETAK KEPULAUAN TANIMBAR DI PETA INDONESIA

Letak Pulau Tanimbar

KONDISI GEOGRAFIS KEPULAUAN TANIMBAR


Kepulauan Tanimbar adalah bagian dari gugus pulau di provinsi Maluku yang terletak di bagian selatan. Secara astronomis, kepulauan tanimbar terletak pada 60 – 8030’ Lintang Selatan dan 125045’ – 1330 Bujur Timur. Kepulauan Tanimbar berbatasan langsung dengan :
Utara : Laut Banda
Selatan : Laut Timor dan Arafura
Barat : gugus Pulau Babar Sermata, Kab Maluku Barat Daya
Timur : Laut Arafura

Posisi Kepulauan Tanimbar secara jelas dapat dilihat pada gambar – gambar berikut ini:
Gambar 1. Posisi Kep. Tanimbar-Kab. Maluku Tenggara Barat (Sumber: Google Earth)   
Gambar 2. Pulau-pulau di Gugus Pulau Tanimbar (Sumber: DKP MTB) 
Gugus pulau Tanimbar terdiri dari 174 pulau baik yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni . Dari total pulau tersebut, hanya 1 pulau yang tergolong pulau besar sekaligus sebagai daratan utama (mainland) yakni Pulau Yamdena, sedangkan sisanya tergolong sebagai Pulau Kecil (≤ 2000 km2) sebagaimana kriteria yang terdapat dalam UU No. 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Panjang garis pantai kepulauan Tanimbar adalah 1623,2695 km. Jumlah pulau, panjang garis pantai dan luas di setiap kecamatan yang terdapat di Kepulauan Tanimbar dapat dilihat pada Tabel 1.

Secara administratif, kepulauan Tanimbar secara keseluruhan merupakan wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, sehingga ketika kita menyebut Kabupaten Maluku Tenggara Barat (selanjutnya ditulis MTB) maka ingatan kita secara otomatis adalah kepulauan Tanimbar. Wilayah Kabupaten MTB pada awalnya meliputi beberapa gugus pulau lain di bagian barat kep Tanimbar, yaitu Kep. Babar, Lemola (Leti Moa Lakor) dan Pulau – pulau terselatan. Namun seiring dengan tuntutan pemekaran daerah, maka ketiga gugus kepulauan tersebut telah berdiri sendiri sebagai satu wilayah otonom baru dengan nama kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) berdasarkan UU no 13 tahun 2008. Dengan demikian secara de facto, Kabupaten MTB hanya terdiri dari kepulauan Tanimbar. Mencermati proses pemekaran yang terjadi, maka nama kabupaten MTB sebenarnya tidak tepat lagi. Nama Kabupaten Kepulauan Tanimbar semestinya menjadi pertimbangan untuk mengganti Nama Kabupaten MTB karena lebih bersifat site spesifik (spesifik lokasi). Namun tentu saja tidak semudah yang dibayangkan karena perubahan nama tersebut membutuhkan proses yang panjang.

Dengan pemekaran tersebut, saat ini secara administrasi pemerintahan, Kabupaten MTB yang meluputi seluruh gugus pulau Tanimbar mempunyai luas keseluruhan 53.251.20 km2 yang terdiri dari wilayah daratan seluas 6 192 Km2 (11.63%) dan wilayah perairan seluas 47.059,20 Km2 (88.37%). Luasnya wilayah perairan seperti tersebut diatas menunjukan bahwa wilayah kepulauan Tanimbar memiliki potensi sumberdaya pesir dan laut yang sagat kaya yang dapat berguna untuk pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat Tanimbar.

Dikepulauan Tanimbar terdapat 9 kecamatan antara lain Kecamatan Kormomolin, Kecamatan Nirunmas, Kecamatan Selaru, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kecamatan Tanimbar Utara, Kecamatan Wermaktian, Kecamatan Wertamrian, Kecamatan Wuarlabobar dan Kecamatan Yaru dengan 70 desa, 15 anak desa dan 1 kelurahan. Nama dan ibu kota kecamatan jumlah pulau, jumlah desa, anak desa dan kelurahan di setiap kecamatan secara lengkap dapat dilihat pada Tabel berikut:

Sumber : Pemda MTB (2009); DKP-MTB (2007)   

Sumber :



0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.